Dimainkan oleh puluhan juta orang dan disebut-sebut sebagai game esport terbesar di Bumi tidak membuat Dota 2 bersahabat bagi pemula. Supaya mahir, komitmen Anda sangat diperlukan. Mempelajari dasar Dota 2 sebenarnya tidak sulit, tapi formulasi kompleks di dalamnya menuntut pemain untuk menumpahkan segenap perhatian dan mengorbankan waktu mereka.
Sejatinya, Dota 2 adalah permainan battle arena multiplayer yang mengadu dua tim berisi lima orang. Game akan usai setelah satu dari dua bangunan Ancient (milik Anda atau lawan) hancur. Di sana Anda bertugas memandu karakter hero pilihan untuk perlahan-lahan naik level, mengumpulkan gold, membantu rekan, dan pada akhirnya memenangkan pertandingan. Terdengar sederhana bukan? Tentu tidak, menurut pengakuan para gamer.
Di bawah ini merupakan daftar tips yang saya rangkum dari internet berdasarkan penjelasan para veteran, demi membantu Anda membiasakan diri dalam menikmati Dota 2. Silakan dinikmati.

Akui bahwa Anda ialah seorang pemula

Dota 2 Tips 03
Tiada keahlian tanpa pengalaman. Jika baru pertama kali memainkan Dota 2, sudah sewajarnya kinerja Anda payah. Bisa dipastikan teman-teman satu tim akan mengeluh, bahkan mengeluarkan kata-kata tidak sedap (‘noob‘ masih tergolong sangat halus). Hal ini akan terus terjadi hingga match ke-50 nanti. Solusinya: Anda tidak usah merespons, karena membalas dengan makian hanya meruntuhkan kekompakkan tim. Gunakan chat seperlunya semisal meminta bantuan atau memberi info mengenai musuh.

Ketahuilah peran karakter Anda

Dota 2 Tips 01
Dota 2 memiliki banyak sekali hero, masuk dalam sejumlah kategori berbeda: carry, support, mid dan ganker. Gagal memahami fungsi para karakter, kekalahan tidak berada jauh di belakang. Ganker bertugas memburu dan mengganggu lawan; mid bermain di jalur tengah sendirian, levelling dengan cepat, menolong saat ada kesempatan; fungsi support mirip kurir, bertugas mengobati rekan-rekan dan mengorbankan dirinya sewaktu dibutuhkan; peran carry-lah yang paling susah sebab ia lemah di awal namun sangat mematikan begitu ‘matang’.

Pahami fungsi Town Portal Scroll, Rune, hingga item boot

Dota 2 Tips 07
Seringkali diremehkan, TP Scroll setidaknya memberikan Anda dua manfaat. Pertama ia segera membawa Anda kembali ke markas saat health berada di titik berbahaya, kemudian TP Scroll juga memungkinkan pemain untuk melakukan serangan kejutan.
Rune menyuguhkan Anda keunggulan dalam pertempuran. Ia muncul tiap dua menit sekali. Namun Anda juga mesti selalu mengawasi apakah lawan telah merebutnya duluan. Contohnya begini, ketika karakter tim musuh menyala biru, Anda perlu melarikan diri karena serangannya dua kali lebih menyakitkan.
Boot sendiri merupakan item penting, namun bukan yang terpenting. Barang-barang pendongkrak status adalah prioritas utama Anda, misalnya Branches, Circlets atau Gauntlets of Strength. Seandainya jumlah HP karakter terbilang sedikit, jangan ragu-ragu membeli potion. Selanjutnya baru fokus buat membeli boot.

Jangan lupakan Ward dan Courier

Dota 2 Tips 05
Tanpa ward dan courier, ancaman kalah sangat besar. Tipsnya, Anda tidak perlu kembali ke base buat men-spawn-nya. Sewaktu berada di lane, cukup klik kanan di courier dan jatuhkan dari penyimpanan. Kini siapapun yang berada di markas dapat men-spawn-nya untuk Anda.
Ward memiliki count-down dan sebaiknya diganti secara konstan sebab Anda harus selalu mengetahui apa yang terjadi di sungai ataupun hutan. Area-area tersebut ialah titik buta berbahaya. Tanpanya, besar probabilitas bagi Anda dan tim untuk diserbu tiba-tiba.

Tips krusial lain:

Dota 2 Tips 04
– Jangan biarkan hero menyerang creep secara otomatis. Arahkan serangan ke creep yang paling mendekati kematian. Dan jangan buru-buru menyerang. Para pemula biasanya menyerbu tower dan baru mundur sesudah health mereka kritis. Bayangkan seandainya musuh datang menyergap…
– Buat tower berhenti menyerang Anda. Caranya? Segera hancurkan, atau klik kanan di creep tim sendiri demi menciptakan ilusi seolah-olah Anda ialah anggota grup musuh. Menara segera mengalihkan serangannya. Metode ini bukanlah bug, melainkan fitur Dota 2. Metode serupa bahkan bisa diterapkan ke teman Anda sendiri.
– Jangan berhadapan dengan musuh yang berada lebih tinggi dari posisi Anda. Alasannya, keakuratan serangan karakter berkurang 25 persen, dan zona pengelihatan Anda jauh lebih kecil.
Dota 2 Tips 02
Daftar di atas jauh dari lengkap untuk membuat Anda mahir bermain Dota2, namun cukup menjadi perhatian jika Anda memang benar-benar pemula dalam permainan ini. Sering bermain, mencari informasi sampai dengan menonton ‘rekaman’ pertandingan di YouTube adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan level bermain Anda.
Bermain game Dota2 membutuhkan akses internet yang harus bisa diandalkan. Permainan online ini tidak akan berjalan mulus tanpa internet cepat. Menggunakan MiFi jaringan 4G/LTE dari Smartfren bisa jadi pilihan untuk menunjang kebutuhan internet cepat dari perangkat laptop atau PC Anda. Selain itu jaringan 4G/LTE dari Smartfren dapat diakses melalui smartphone 4G/LTE Andromax R, Q dan Qi melalui tethering, Rasakan pengalaman bermain DOTA lebih cepat dan stabil melalui jaringan 4G/LTE Smartfren.